Beranda | Artikel
Tafsir Surat Al-Balad Ayat 9 - Tafsir Al-Quran (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)
Rabu, 4 Oktober 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Kajian Kitab Tafsir Al-Quran oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Pada kajian tafsir kali ini Ustadz Abdullah Zaen akan membawakan pembahasan tentang “Tafsir Surat Al-Balad Ayat 9“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu malam, 13 Muharram 1439 H/ 04 Oktober 2017 M di Masjid Agung Darusalam, Purbalingga.

Download juga kajian sebelumnya: Tafsir Surat Al-Balad Ayat 8 – Tafsir Al-Quran

وَلِسَانًا وَشَفَتَيْنِ ﴿٩﴾

“lidah dan dua buah bibir.”(Al-Balad[90]: 9)

Didalam ayat yang ke-9 ini, Allah Subhana wa Ta’ala berbicara tentang dua organ tubuh. Yaitu lisan dan bibir. Imam Ibnu Katsir menjelaskan bahwa Allah mengingatkan hambaNya dengan nikmat lisan karena lisan adalah alat untuk berbicara. Dalam tafsir Al-Qurtubi juga disampaikan hal yang sama. Bahwa Allah Subhana wa Ta’ala mengingatkan dengan organ yang satu ini karena dengan lisan ini seorang hamba dapat mengungkapkan isi hati mereka.

Banyak diantara manusia yang tidak menyadari kebesaran ciptaan Allah Subhana wa Ta’ala. Padahal adanya lisan dan dua bibir serta seluruh anggota mulut seorang hamba, menunjukkan keajaiban dan kebesaran ciptaan Allah Subhana wa Ta’ala. Allah membuat manusia berbicara dengan organ-organ tersebut.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak dan Download mp3 kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Balad Ayat 9


Mari turut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lainnya.

 


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/28788-tafsir-surat-al-balad-ayat-9-tafsir-al-quran-ustadz-abdullah-zaen-m/